Saturday, March 14, 2009

1 bulan yang berat...

Setelah Bama kembali kerumah, banyak sekali tamu yang datang jenguk. Malah kadang sampai jam 10 malam. Senang sih banyak yang doakan Bama dan kasih kado, tapi Ibunya capek juga hehe..

Ibu masih belajar jadi seorang Ibu baru. Ibu belum tahu dunia Bama seperti apa.. tangisan Bama yang minta mimik dan yang minta digendong yang mana.

2 minggu pertama sangat amat berat. Bama kalau malam minta susu setiap 1 jam. Mana Bama boboknya masih di boks pula. Jadi tiap jam Ibu harus bangun, angkat Bama dan duduk di sofa untuk nyusuin. Capeeek banget lama2... akhirnya Bama pindah deh di kasur, bobok sama Ayah Ibu.

Kalau siang Bama nggak mau ditinggal sendiri. Nggak mau tidur di boks, nggak mau tidur di kasur. Harus digendong!! Ibu sampai bingung. Kata orang, Bama bau tangan. Tapi Ibu nggak setuju ah :) Namanya bayi baru lahir, pasti cari sesuatu yang nyaman. Mungkin gendongan Ibu adalah tempat ternyaman buat Bama saat itu. Ibu sih senang aja... karena selalu mikir, mumpung Bama masih mau digendong Ibu :) Belum tentu beberapa bulan lagi Bama mau terus digendong.


Tapi hal itu juga jadi masalah buat Ibu. Karena Bama nggak mau lepas, alhasil Ibu nggak bisa ngapa2in. Mau mandi susah, mau ngapa2in susah karena ada Bama ditangan Ibu.

Bama menyusunya juga sering sekali. Nggak sampai satu jam sudah minta mimik. Kadang ngamuk kalo susu Ibu cuma keluar sedikit. Ibu jadi sedih plus stress.. Susu Ibu jadi tambah sedikit deh. Tapi walau Ibu merasa ASI cuma keluar sedikit, timbangan Bama naik 800 gr lho dalam 2 mg. Padahal kata dokter, dalam seminggu normalnya paling cuma naik 100-200 gr.

Trus Ayah mulai ngantor pula:( Ibu ngerasa sepiii sekali. Kadang kalau Ayah berangkat kantor, Ibu nangis. Untung dirumah ada eyang kung dan eyang ti. Jadi mereka bisa gantian gendong Bama. Tapi Eyang2nya kan ada kegiatan lain, jadi suka ninggal Ibu dirumah sama Bama, cuma ditemani Mbak2 di belakang.. sama si Gendut, Genduk dan Diego. Tambah sedih deh Ibu...

Puncaknya saat 2 minggu, Ibu benar2 capek luar biasa... kayaknya sih juga kena baby blues. Karena Ibu sering nangis nggak jelas gitu. Merasa sepi, letih, gak tau harus gimana. Akhirnya Ibu ngungsi deh 3 hari ke Bekasi. Ayah waktu itu keluar kota. Tambah sedih lagi, karena Ibu merasa Ayah kok tega banget ninggalin Ibu. Padahal Ibu benar2 ingin Ayah ada terus di samping Ibu. Kalau ada Ayah, Ibu merasa kuat dan tenang. Tapi Ayah nggak ngerti2 juga. Ya sudahlah..

Waktu malam pertama dirumah Bekasi, Bama nangis terus karena ASI Ibu benar2 sedikit. Tidur Bama nggak pernah pulas. Akhirnya Bama dikasih sufor deh. pertama kali Bama mimik 60cc sufor. Begitu kenyang, langsung sendawa gedeee banget hehe... dan malamnya Bama tidur sangat nyenyak. Bangun cuma setiap 3 jam untuk nyusu. Ternyata selama ini Bama nggak tenang karena lapar :( Ibu jadi tambah merasa bersalah.

Pulang dari Bekasi, dengan amat sangat terpaksa Bama minum sufor lagi. Walau tetap terus menyusu sama Ibu. Ibu tetap akan berusaha menyusui Bama... jadi walau ASI keluarnya hanya sedikit, Bama tetap harus menghisap payudara Ibu. Karena hisapan Bama akan membuat produksi ASI lebih banyak.

Minggu ke 3 dan 4, porsi sufor lebih banyak dari ASI. Akibatnya berat badan Bama saat usia 1 bulan sudah 5.7 kg!! Naik 2.2 kg!!! Padahal kata dokter normalnya usia 1 bulan, berat badan naik sekitar 1 kg dari berat lahir. Hiks hiks...

Tapi jujur aja nih, Bama kelihatan sehat sekali. Gerakan kaki tangannya sangat amat aktif. Dan Bama sudah bisa ngikutin arah suara. Kalau lagi nyusu, ada yang ngomong disamping Bama, otomatis matanya cari sumber suara :)

Ibu juga pelan2 sudah mulai settle. Sudah bisa pelajari kemauan Bama. Bama juga mulai mau ditaruh di kasur atau boks walau cuma sebentar banget :) Setidaknya ada kemajuan sedikit.

No comments:

Post a Comment