Saturday, March 14, 2009

2 bulan yang mulai tenang....

Sampai usia 40 hari, Bama masih susah tidur malam. Kalau malam maunya tidur dalam gendongan juga. Jadi Ayah sama Ibu gantian gendong Bama. Kalau sudah puas digendong, baru Bama mau ditidurin di kasur. Kadang jam 2 pagi baru mau tidur di kasur. tapi pernah beberapa kali, jam 4 pagi Bama baru mau tidur di kasur. Kebayang donk gimana capeknya gendong Bama yang hampir 6 kg itu...

Biasanya kalau tidur jam 4 pagi, Bama baru bangun jam 10an, diselingi waktu untuk nyusu juga. Ibu sih juga ikutan bablas tidur sampai jam 10, walau eyang Ti sempat protes karena katanya sebelum 40 hari nggak boleh tidur sebelum jam 12 siang. Tapi Ibu cuek aja haisnya capek banget. Kalau nggak tidur, bisa sakit donk.. trus Bama nanti gak bisa nyusu.

Selama ini juga Ibu sendirian ngurusin Bama. Dari nyuci dan nyetrika baju Bama, mandiin, beresin kamar dll, semua Ibu lakukan sendiri. Lama2 capek banget... akhirnya Ibu telpon yayasan baby sitter di Wonosobo. Ibu dikasih nomor telponnya dari Bude Mira, istrinya Pakde Kiky, kakak sepupu Ibu.

Nggak lama si Mbak Baby sitter datang deh.. Alhamdulillah, feeling Ibu langsung sreg sama si Mbak. Namanya Mbak Liyah. Orangnya bersih dan sudah pengalaman lama banget pegang bayi. Ibu mulai tenang karena ada asisten yang bisa bantu pegang Bama.

Ibu juga mulai bisa beraktifitas lagi sejak ada Mbak Liyah. Walau awalnya pas Mbak Liyah gendong Bama, Ibu gak rela gitu. Gak rela anak Ibu diasuh juga sama orang lain. Ada rasa takut Bama lebih milih si Mbak daripada Ibu. Tapi Ibu mikir, ini demi kebaikan Bama juga. Kalau Ibu stress karena capek, kasihan Baman kan? Setidaknya si Mbak bisa meringankan beban ibu 50%.

Ibu jadi mulai relaks.. bisa beraktifitas yang lain. Mulai keluar ke mall sendirian, mulai masak lasagna kesukaan Ibu :) Bisa pijat juga manggil Bu Rus, si bu pijet :) Trus Ibu bisa kursus nyetir mobil lho!!! Karena Ibu merasa senang dan relaks, ASI Ibu jadi mulai banyak lagi. Ibu juga minum Asifit.

Sekarang Bama sudah berkurang minum sufornya. ASI 70%, sufor 30%. Bama juga sudah mulai lucu. Sudah mulai bisa angkat kepala kalau ditengkurepin. Sudah bisa lebih jelas lihat orang.. dan sudah bisa ketawa2 :)

Pas 2 bulan ke dokter, berat Bama sudah 7.5 kg!!!! Naik 1.8 kg dari bulan pertama. Tingginya juga sudah 63 cm. Kalau jalan2, suka ditanya umur berapa, dan pada nggak percaya kalau Bama baru 2 bulan. Banyak yg nebak BAma sudah 4 bulan hehe...

No comments:

Post a Comment